No announcement available.
jeck ken: boleh kah kalau saya memperaktekkan acara ngacak dan mantran...
dino: bengak ikak hkaban nee... wkwkwkwkw...
dino: gawa gawa laa,,, yang penting ikaak seneng...
Husnul K: Apa paket Lorin Backpacker Island Tour Belitung 3H-2M masih ...
heinrich: Cantik...
AlToko: Menarik. Kalau doyan sambalnya, memang yang didapat terasa s...
andes: kan di mane urang belitong yarik duit timah skrng dak deh ag...
andes: belitong skrng ukan kimacam belitong duluk ........ gik ...
Dodi: permisi min,mau nanya jika pesertanya kira2 16 - 20 orang t...
Urang bangka: Ralat sabang diganti habang ....
Urang bangka: Urang sabang mandi dak behabun, dak behampo .., hekali kali ...
Rieectzqiee: betul tuh begagil hame bae becanda .....
Rina: Mohon informasi paket wisata bangka belitung, 3D2N, untuk 16...
topandisconnect: Dimana saya bisa beli ini makanan min?...
hanin: tolong informasi ke bangka belitung dengan budget 1juta .....
lian: ajari aku bahasa bangka belitung donk, thx ya sebelumnya...
Mugi: Awal April kami bertiga mau mancing di Belitung, rencananya ...
meiliana: sELAMAT PAGI. Nama Saya Meiliana Siska Dewi. Saya lulusan...
twedee: hadahhh, kagak ngarti dah ini bahasa apa. Yang aku tau nih...
tata: Dear sis/bro Rcanax kami mau wisata ke babel sekitar bln ...
Share

27 Responses to “Buah Kemunting : Tumbuh Liar Boleh Langsung Petik”

  1. widjianto says:

    SALAM SEJAGAT!.

    Di KALIMANTAN dikenal sebagai buah karamunting..ada dua sebutan hampir serupa yaitu Yang berbuah lonjong lancip, berkulit tebal, berdaun licin berwarna hijau saat muda dan merah saat matang/tua dan berbiji mirip biji tomat serta berasa manis disebut “karamunting” saja. Sedangkan yang berbatang dan berdaun kasar (berbulu), berbuah merah marun dan pecah saat tua/matang disebut “karamunting jawa”. Nah yang jenis ini yang sering saya jadikan obat radang tenggorokan dengan cara, gunakan selembar daun muda + garam sedikit lalu dikunyah, untuk batuk dan sakit perut 5 lembar direbus dg 1/2 gls air hingga menjadi 1/4 gls lalu diminum hangat2 dan masih banyak lagi.
    Tq

  2. indah says:

    Ada yg tau ngg khasiat kemunting apa?

  3. eva says:

    di bangka barat ni kemunting :D

  4. siti nurbidawani says:

    auk. tu buah keraduduk, bukan keramunting

  5. Anggi says:

    Lah lame dak makan buah ni.
    Di Jogja dak de :(

  6. lastri says:

    Ni sih buang keraduduk, wkt agik kecit gati ngerawai mutik buah tu

  7. sampe sekarang kalo pulang masih suka ke belakang rumah, nyari buah ini ^^ kangen bangka..

  8. Joe says:

    Tetanggaku dari Bangka membawa bibit pohon keduduk ini, dan ditanam di Jakarta. Buahnya beturos di dahan pohon, rupanya sangat cocok ditanam di Jakarta ini.

  9. y akbar says:

    ya gara2 keramunting keraduduk, kita jadi berebut bernostalgia tentang masa indah dulu dan kampung halaman. salam semue untuk ika, kawan2 dari bangka, ke’ mika mika biak belitong…

  10. y akbar says:

    rate rate orang pengkal nyebut e “keraduduk”. daun bertestur halus. Kalo keramunting buah e warna merah, waktu tue pecah, tekstur daun berbulu halus. inget buah kayu tu jadi ingen pulaaaaang

  11. ErwinLToruan says:

    Weeee,men buah tu di kobe name e,buah krementing…wah la lame dak makan tu…men duluk e semasa SD nyari nya dihutan plng sekolah klo mau mandi di sungai..hahahha,wawawawwawa..Jadi pengen pulang ke koba ouy….Salam Damai buat Anak Bangka…

  12. Wiwik says:

    wah buah nii kalau dibangka selatan bukan kemunting, tapi kernudok, kalau kemunting dia itam merkah kalau udah mateng, tapi kalau kernudok, kalau udah mateng merah dan empuk manizz

  13. Wiwik says:

    ih jadi kangen kampung euy pengen pulang keBangka, main ditepi pantai nikmatin pemandangan alam …

  14. yanozi says:

    Rodhomyrtus tomentosa, itu nama ilmiahnya. Tidak hanya di Babel nama lokalnya seolah-olah tertukar dengan Melastoma polyanthum, tapi juga di Aceh dan Sumbar. Orang Sumbar menyebutnya ‘karamuntiang’(ada juga yang menyebut Si Manieh), mirip dengan orang Belitung menyebutnya ‘keremunting(en), kermunting(en), kemunting(en) atau kemeruntinge(n), didasarkan pada faktanya buah ini jika masak buahnya bunting, anehnya di Aceh disebut ‘senduduk’ mirip dengan orang Bangka (umumnya) menyebutnya ‘keraduduk, kenduduk, kendu atau kemuduk’, konon karena kera-kera memakannya sambil duduk. Dalam bahasa Indonesia, ‘sendudu’atau senggani, harendong (Jabar) yang dimaksud adalah Melastoma polyanthum, yang dalam bahasa Belitung disebut ‘keleta’en’ karena jika matang buahnya pecah (ngeleta’), sebagian orang Bangka menyebutnya kedebik’ tapi ada juga yang menyebutnya kemunting (biasanya tanpa akhiran “an”, orang Belitung biasanya menambah akhiran “en”). Itulah fakta & realita nama-nama lokal tentang kedua jenis flora tersebut, sebagai keragaman bahasa, tidak masalah, cuma untuk sekedar tahu, namun jika diurut dari Aceh sampai Kalimantan memang lebih banyak menyebut Rodhomyrtus tomentosa dengan kata-kata yang berakar sama, yaitu ‘munting’ yang artinya ‘bunting’+ kera atau kero (yang artinya monyet). (yulian fakhrurrozi, etnobotanis)

  15. airien defrie be says:

    keramunting.. enyak enyak.. hihi…
    daun e pacak jadi ubat sakit perut.. he.. like it.. ^_^

  16. Ape pun cerita e ni buah kremunting atau kemunting…..disungailiat dakde buah keraduduk yang ade buah kedebik, yang galek dimakan burung perbak…….

  17. Linda says:

    Kalau di Kal – Tim ni namanya buah “Karang Munting”. Biasa tumbuh di area kering dan berpasir. Bentuk tanamanx menyerupai semak2. Rasa buahx manis, kadang sedikit asam.

  18. indra says:

    ya kl name di tmpt ku kemuduk hahaha mantep buat di taro di arak hemmmm slm buat anak2 bangka smue a

  19. ega says:

    kalok di belitong name nye buah kremunting tuch…paling banyak di jalan2 nak ke ume…

  20. Zusapta says:

    Unik!!! Asik!!! Kremunting!!! Kyaknya dblakang rmh msh ad dech phon e

  21. hendy aliung says:

    Nama buah ini ada beberapa nama,klu sungailiat sampai air kenanga keraduduk or kemuduk klu kemunting buah yg mateng mekar n biasa mknan burung,dari merawang sampai pangkalpinang buah kemunting n yg mateng mekar mknan burung dipanggil kemuduk.

  22. eddie says:

    bener narzi ,,ikak salah gale,,tuh buah kraduduk,,banyak disungai liat dan parit 6

  23. maya siska says:

    dulu kami menamakan buah ini keraduduk atw keramunting

  24. Donna says:

    wew…wkt ku kecit ku suka metik buah ni,lah lame ok dak makan buah ni….

  25. Rozitayunani says:

    yang ini memang buah kemunting,kalau yang buahnya merekah bila sudah masak itu buah keletaan kata orang belitung,tapi ada yang mengatakan itu buah senduduk.udah lama ngak makan buah ini.

  26. Nazri says:

    kalau saya gak salah liat, ini buah keraduduk bukan buah Kemunting karena seingat saya kalau buah Kemunting apabila telah matang isi buahnya merekah

    terima kasih
    Nazri

Leave a Reply

*